05 Maret 09

Hari ini pertama kali aku ngajar di madrasah diniyah milik ibu…
Ga besar sih…hanya sebuah bangunan berdinding papan agak panjang yang sebelumnya dijadikan rumah oleh pemiliknya yang kemudian dijual ke ibu…
Bangunan itu kemudian disulap menjadi 2 kelas dan satu kantor plus perpustakaan…
Sebelum hari ini,aku sudah pernah kesini liat2…ceritanya aku survey(cie…) biar aku tw apa yang harus aku benahi dan aku bwt untuk madrasah ini………
Pertama kali aku kesana……ada gairah menghentak-hentak….apalagi ketika kuliat santri-santriwatinya…semangatku seperti tercash….full.hehe..
Bagaimanapun ini adalah bagian dari mimpiku…cita-citaku…sejak dulu.
Aku ingin menjadi guru tk…menemani mereka belajar…bernyanyi..tertawa…n berbagi cerita bersama mereka…mengalirkan semangat dan mencipta mimpi sebanyak-banyaknya…
Aku ingin ikut serta dalam pembentukan watak mereka menjadi sebaik2 manusia…..yang nantinya akan memegang perubahan bangsa ini…
Aku ingin menjadi bagian dari jiwa kecil mereka…bermain dalam sejuta imaji mereka yang tak pernah henti……
Yah…aku ingin menari bersama mereka……

………….

Masalah fasilitas..meski tidak elite,sudah bisa dibilang lebih dari cukup…
Kelas sederhana…dengan meja-meja kecil yang dibuat sendiri oleh om-ku…
Papan tulis,rak buku dan berbagai poster doa-doa dan surat2 pendek tertempel didinding kelas.
Madrasah ini sudah dapat banyak bantuan dari depag daerah maupun pusat…
Kuliat..perpustakaannya juga punyakoleksi buku yang lumayan.
buku2 yang dulu aku sering bermimpi tuk milikinya..
Buku2 bergambar, cerita nabi2 dan shahabi….
Kita juga tak pernah kekurangan mushaf…
Dikantor tertempel foto2 alumni madrasah….melihatnya jadi kebahagian tersendiri buatku…

………….

Santri-santriwatinya berjumlah 160-an lebih…
Dulu ibu membagi mereka jadi tiga tingkatan…ula,wustha dan ulya…
Ula…untuk anak2 kecil tingkatan iQra.mm…kira2nya kelas 1-3 deh…
Wustha…bwt sekumpulan anak2 yang lebih besar…biasanya mereka dah ngaji diQur’an besar…
Yang ulya…untuk mereka yang lebih besar lg..smp atw sma, ga mungkin kan mereka digabung ma yang kecil2…selain tuk menjaga perasaan mereka…juga karena pemahaman mereka sudah lebih tinggi dibanding kelas yang dibawahnya….coz biasanya habis ngaji,ibu ngasih pelajaran agama yang lain…ky fiQhi..akhlak de el el…..jadi disesuaikan ma tingkatannya…
Tapi sekarang…karena dah banyak yang tamat alhamdulillah…santri yang aktif paling 30an…rencananya masih akan kubagi jadi 3 kelas…
Kebetulan ada 3 guru sekarang….
Aku,wulan ma ida…….
Ibu kadang2 saja datangnya…coz beliau sibuk ma banyak urusan beliau yang lain…..

………….

Sekarang……….
Tinggal aku saja…bagaimana jalankan madrasah itu….
Selama aku disini….aku ingin memberi semua yang terbaik yang aku bisa untuk mereka……
Masih banyak yang harus aku benahi…ku perbaiki…
Tapi semua tak perlu langsung jadi…
Bertahap….
Karena disitulah letak indahnya perubahan…
Pada proses…usaha….bukan hasil………
Lagian menurutku…
Klo kita sudah berusaha sebaik2nya…kita pasti akan dapatkan yang terbaik..
Bukan begitu???
…………….

0 Response to " "