19 Maret 09..
Ini kesekian kalinya aku ngajar di TPA…
Satu2nya hal yang bikin aku semangat menunggu tiap Selasa, Kamis, dan Sabtu sore…
Meski aku blum bisa temuin format yang cocok bwt diterapin biar TPAnya semakin teratur…aku mulai laksanain satu2 apa dari dulu2 hanya bisa kuimpikan….
Mulai kuperbaiki apa yang kupikir masih semrawut…
Kuikuti perkembangan semua anak2…berusaha kenal karakter mereka perlahan…dan coba jadi bagian dari mereka…
Agak sulit membuat mereka percaya pada kita hingga mereka selalu mendengar dan patuh pada apa2 yang kita bilang..
Apalagi untuk rata2 santri-santriwati disini…sebagian mereka adalah anak2 yang terbiasa lakuin apa saja…ngomong apa saja yang mereka mw…coz kebanyakan mereka memang sehari-harinya tidak dapat pengawasan dari orangtuanya karena sibuk kerja….hasilnya mereka main sendiri dan menyerap semua yang mereka liat..dengar dari luar…
Makanya tidak sedikit dari anak-anak tersebut hobi teriak-teriak, melawan, menganggu temannya, saling ejek dengan perkataan yang aku sendiri saja “g’suka” dengernya.
Dan mereka g’akan diam hanya dengan satu dua kali larangan…..
Atw mungkin bukan larangan yang mereka butuh…..tapi “keaktifan” mereka yang sebenarnya harus disalurkan hingga “pengungkapannya” pun keluar bukan dalam bentuk masalah…
Karena mereka aktif…mereka nda boleh ditinggal tanpa kegiatan apa2…klo tidak ya seperti itu tadi, yang ada mereka akan ribut..saling ganggu…bahkan adu fisik…
Mereka cepat bosan..dan sering malas ngerjain tugas…makanya kadang tugas2 mereka kubuat seperti bukan tugas…tugas2 itu lebih sering kucipta jadi lomba…kuselingi bermain..atw apalah yang bisa ngalihin prhatian mereka dari bikin gaduh dikelas…
Hmm…kadang aku juga kewalahan ngadapin satu dua anak yang super aktif…tapi aku tetap sukainya…
Sekali lagi kubilang…karena ini adalah mimpiku…
dan semoga kutak pernah kehabisan semangat…juga sabar…
amiiiiiiiiiiin…………

0 Response to " "